SERING MENDENGAR ISTILAH FITNAH? APA MAKNANYA

Kita penting tahu hal ini karena ada perbedaan arti antara ‘fitnah’ dalam Bahasa Indonesia dengan ‘fitnah’ yang ada di Bahasa Arab. Simaklah makna fitnah dalam tinjauan syar’i dan Bahasa Arab-nya berikut.

Selengkapnya

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah berkata (Fathul Bari, II/8),

وَمَعْنَى الْفِتْنَةِ فِي الْأَصْلِ الِاخْتِبَارُ وَالِامْتِحَانُ ثُمَّ اسْتُعْمِلَتْ فِي كُلِّ أَمْرٍ يَكْشِفُهُ الِامْتِحَانُ عَنْ سُوءٍ وَتُطْلَقُ عَلَى الْكُفْرِ وَالْغُلُوِّ فِي التَّأْوِيلِالْبَعِيدِ وَعَلَى الْفَضِيحَةِ وَالْبَلِيَّةِ وَالْعَذَابِ وَالْقِتَالِ وَالتَّحَوُّلِ مِنَ الْحَسَنِ إِلَى الْقَبِيحِ وَالْمَيْلِ إِلَى الشَّيْءِ وَالْإِعْجَابِ بِهِ وَتَكُونُ فِي الْخَيْرِ وَالشَّرِّ كَقَوْلِهِ تَعَالَى وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فتْنَة

“Makna asal fitnah adalah ujian dan cobaan. Lalu setelahnya digunakan pada segala sesuatu yang terungkap kejelekannya melalui adanya ujian.

Kata ‘fitnah’ juga digunakan untuk makna;

– kekufuran dan sikap berlebih-lebihan dalam tafsiran yang jauh,
– suatu keaiban,
– bencana,
– adzab,
– peperangan,
– kondisi berpindahnya keadaan dari baik jadi buruk,
– kecenderungan dan rasa takjub pada sesuatu.

Dan ‘fitnah’ ini ada yang berbentuk kebaikan dan ada pula berupa hal yang jelek. Sebagaimana firman Allah ta’ala,

 ۖوَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً

“Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya).” QS. Al-Anbiya’: 35SELESAI DARI AL-FATH

Dan ini sangat bermanfaat ketika kita mendengar sebuah ceramah agama dari guru-guru kita atau membaca buku agama lalu bertemu dengan kata ‘fitnah’.

Ambil satu contoh, kita biasa mendengar ungkapan bahwa banyak laki-laki terfitnah oleh wanita, maka fitnah di sini bisa dimaknai dengan tergodanya laki-laki dan lantas bisa menjadi rusak keadaannya dikarenakan wanita. Ini bentuk gambaran dari keterangan Al-Hafizh di atas.

Wallahu waliyyut taufiiq.

— Tanjung Laong || Ma. Pahu @ Kutai Barat [ sedikit penyempurnaan di Kota Raja ]
— Hari Ahadi, (10:30) 09 Syawal 1440 / 13 Juni 2019

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *