USAHAKAN TIDAK ADA MAKANAN YANG TERSISA DI PIRING

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata:

” وَأَمَرَنَا أَنْ نَسْلُتَ الْقَصْعَةَ، قَالَ : ” فَإِنَّكُمْ لَا تَدْرُونَ فِي أَيِّ طَعَامِكُمُ الْبَرَكَةُ

“Nabi Muhammad ﷺ menyuruh kami untuk menghabiskan semua makanan yang di piring. Beliau ﷺ bersabda: ‘Karena kalian tidak tahu makanan mana yang membawa berkah’.” HR. Muslim (2034)

Jangan kita meremehkan sunnah ini. Lantaran kebaikan dan berkah pada diri seseorang tentunya tidak lepas dari peran serta makanan yang berkah yang masuk pada tubuh seseorang.

Asy-Syaikh Muhammad Al ‘Utsaimin berkata saat menjelaskan kedudukan sunnah ini:

وهذا أيضاً من السنة التي غفل عنها كثيرٌ من الناس مع الأسف كثير من الناس حتى من طلبة العلم أيضاً، إذا فرغوا من الأكل وجدت الجهة التي تليهم ما زال الأكل باقياً فيها، لا يلعقون الصحفة، وهذا حلاف ما أمر به النبي صلى الله عليه وسلم

“Ini juga termasuk sunnah yang banyak diabaikan oleh manusia. Yang sungguh disayangkan, banyak orang bahkan para penuntut ilmu [ orang yang sudah ta’lim, pent ] mengabaikan sunnah ini.

Bila selesai dari makan lalu masih tersisa di pinggir piring sisa-sisanya mereka tidak menghabiskannya. Perbuatan seperti ini menyelisihi perintah Nabi Muhammad ﷺ!” (Syarah Riyadhus Shalihin, III/532)

Semoga kita tergolongkan dalam pihak yang menerapkan semua sunnah Nabi Muhammad ﷺ lalu mengajak serta orang lain padanya.

— Masjid Abu Hurairah @ Kota Raja
— Hari Ahadi, (13:02) 30 Jumadil Awal 1440 / 04 Februari 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *